Makanan Dan Juga Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Sakit Lambung Saat Berpuasa

Orang dengan sakit lambung atau maag boleh saja menjalankan puasa di bulan ramadhan.Bahkan beberapa orang menyatakan bahwa keluhan sakit lambung membaik selama menjalankan aktivitas puasa.

seorang ahli kesehatan berpendapat bahwa mesti harus berpuasa, setiap orang agar selalu memperhatikan makan dan juga minuman pada saat berbuka puasa dan saat sahur. Hal ini agar bisa terhindar dari adanya gangguan pencernaan yang akan membuat puasa menjadi batal.

Paling tidak ada Tiga jenis makanan dan juga minuman yang harus di hindari saat berpuasa, khususnya mereka yang memiliki masalah pencernaan.

1. Yang Menyebabkan dan Memperberat Gejala Maag

ini contoh beberapa minuman dan juga makanan yang ada baiknya dihindari karena bisa memberatkan sakit maag adalah makanan yang tinggi kandungan gas dan juga terlalu banyak serat misalnya seperti sayur kol dan sawi, Makanan berserat tertentu seperti buah kedondong atau buah yang di awetkan menjadi buah kering, serta minuman bersoda.

banyak yang menyarankan untuk menghindari minuman yang merangsang lambung menghasilkan asam, antara lain: kopi, sari buah yang mengandung asam tinggi, atau susu full cream.

2. Makanan Dan Minuman Yang Sulit Dicerna

Menghindari makanan yang sulit dicerna lambung yang dapat memperlambat proses pengosongan lambung. Kondisi tersebut dapat menyebabkan meningkatnya peregangan di lambung yang dapat meningkatkan asam pada lambung.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang berlemak seperti kue, cake, keju dan cokelat, selain itu beberapa makanan juga bisa menyebabkan rusaknya dinding lambung secara langsung seperti hidangan yang terlalu pedas, yang banyak mengandung cuka dan merica.

3. Makanan Yang Melemahkan Kerongkongan

Hindari makanan yang dapat menyebabkan melemahnya kerongkongan sehingga cairan lambung bisa naik ke tenggorokan, beberapa makanan tersebut antara lain contohnya: makanan tinggi lemak, gorengan, alkohol dan cokelat.

beberapa sumber karbohidrat juga sebaiknya dihindari oleh para penderita sakit maag misalnya ketan, bihun, mie,ubi, jagung,dodol, talas dan singkong. Kegiatan yang bisa meningkatkan gas di dalam lambung ini juga harus kita hindari di antaralainnya seperti makan permen karet dan juga rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *