3 Cara Yang Mudah Untuk Mencukupi Kebutuhan Serat Harian

Serat harian memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh kita karena kaya akan manfaat. Di antaranya dapat melancarkan BAB (buang air besar). Hal itu di sebabkan oleh beberapa jenis serat, termasuk prebiotikyang, dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita.

Menurut riset yang di tulis dalam jurnal nutrients tahun 2013, asupan serat juga bermanfaat menurunkan kadar kolestrol sekaligus resiko terjangkit penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Asupan serat yang harus di cukupi pria dan wanita juga berbeda. misalnya pria dewasa yang harus mencukupi kebutuhan serat 34 gram serat hariannya, sedangkan wanita dewasa hanya memerlukan 28 gram. Lantas, cara apa saja yang harus kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan serat harian kita?

  1. Makan buah dan sayur yang kaya serat
    buah-buahan dan sayur segar memiliki kandungan serat yang banyak. karena itu,  setidak nya kita harus makan buah-buahan  lima kali sehari. Anda bisa mengkonsumsi buah segar sebagai makanan pencuci mulut atau menambahkan potongan buah segar tersebut dalam sereal atau oatmeal yang Anda konsumsi saat pagi hari. Lalu, buah apa saja sih yang mengandung banyak serat harian?. buah-buahan yang kandungan serat nya tinggi adalah pisang,apel dengan kulitnya,pir,jeruk, dan stroberi.

    bukan hanya buah saja yang bisa Anda konsumsi sebagai asupan serat harian, sayuran juga bisa Anda konsumsi sebagai asupan serat harian misalnya brokoli, kentang, jagung manis, kembang kol, dan kacang hijau.

  2. Makan snack yang mengandung kedelai
    Mungkin banyak dari kita yang tidak terlalu suka makan buah dan sayur. Namun tenang saja, karena mencukupi kebutuhan serat harian tidak selalu bergantung dari buah dan sayur tapi juga bisa Anda penuhi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, salah satunya kacang kedelai.

    Kacang kedelai merupakan makanan rendah lemak yang kaya akan protein,vitamin C, dan folat. Ada Riset yang membuktikan bahwa makanan ini juga bisa menjadi asupan serat beserta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Di antaranya zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan tiamin.

    Jika Anda kesulitan untuk mengkonsumsi kacang kedelai Anda bisa mengkonsumsi olahan nya, contohnya makanan ringan yang terbuat dari kacang kedelai.

    3. Makan biji-bijian yang mengandung serat
    Sumber serat juga bisa anda dapatkan dari biji-bijian, salah satunya adalah gandum. Anda bisa menambahkan satu mangkuk biji gandum di setiap saat anda makan.

    Anda juga bisa menjadi kan biji gandum sebagai tambahan untuk sereal, salad, oatmeal, atau yogurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *