Sering Buang Air Kecil Padahal Tidak Banyak Minum? Mungkin Ini Sebabnya!

Buang air kecil itu memang wajar terjadi dan memang haruslah dilakukan karena merupakan salah satu rutinitas tubuh yang akan terus berlanjut, tetapi sering sekali orang mengalami yang namannya terus-terusan buang air kecil dan terkadang ini sangat menganggu seperti saat sedang tertidur atau lagi genting saat kerja maupun berada di tengah perjalanan ke suatu tempat dan mau atau tidak tetap harus pergi ke kamar mandi untuk membuangnya.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa fenomena buang air kecil terjadi karena tubuh kita telah melakukan minum air yang banyak atau banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa diuretik di dalamnya. Harus kamu tahu bahwa bukan itu saja penyebab utama seseorang mudah buang air kecil berkali-kali dalam kurun waktu sebentar loh, maka simak dulu berikut ini ya!

1. Terjadinya infeksi pada saluran kemih anda

Salah satu penyebab paling buruk seseorang mudah sekali buang air kecil adalah terjadinya infeksi di saluran kemih dan menurut ulasan dari NIDKK bahwa terjadinya infeksi karena bakteri berhasil masuk dari usus menuju ke kantong kemih lalu ke uretra, ureter serta ginjal sehingga menyebabkan masalah besar pada kantong kemih yaitu peradangan dan berujung membuat penderita terus memiliki keinginan buang air kecil meski hanya sedikit cairan yang dikeluarkan.

2. Umum terjadi pada wanita sedang hamil

Pada kasus wanita hamil biasanya menjadi mudah dalam memproduksi urin sebanyak 25 persen lebih banyak daripada biasanya sehingga mudah sekali ingin buang air kecil secara terus-menerus, lalu apa penyebabnya? ini dikarenakan proses aliran darah menuju ke organ ginjal semakin besar yang biasanya hanya 35 persen menjadi 60 persen sehingga ginjal menjadi mudah terangsang untuk menciptakan urin tapi tidak perlu khawatir karena proses ini hanya berjalan selama 3 bulan masa kehamilan saja.

3. Akibat kantung kemih yang kecil

Kondisi ini mungkin karena faktor genesis, karena ukuran normal sebuah kantung kemih biasanya mampu menampung 1,5 atau bahkan sampai 2 cangkir pada umumnya tetapi lain halnya kantung kemih yang kecil sehingga daya tampungnya juga kecil maka akan lebih cepat ingin mengeluarkannya bukan? tetapi bersyukurlah kita bahwa ini sama sekali bukan penyakit tetapi memang sudah menjadi bawaan sejak lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *